Riskiputra.my.id – Mari kita mulai dengan primer cepat tentang sejarah VR. VR diciptakan pada tahun 1965 oleh Ivan Sutherland – ia menciptakan “Ultimate Display”, sebuah perangkat yang dapat melapisi interior wireframe ke sebuah ruangan. Militer secara bersamaan meneliti dan berinvestasi dalam potensi VR untuk simulasi penerbangan dan pelatihan.
Industri VR terus berkembang selama beberapa dekade berikutnya, tetapi daya tarik terbatas hanya pada insinyur yang paling ambisius dan adaptor awal karena biaya komponen, dan komputer yang mendukung mereka. Bahkan di awal 90-an, label harga pada perangkat realitas virtual yang layak adalah lebih dari $ 50.000. Biaya masuk yang tinggi, tentu saja, berarti masih jauh dari pertanyaan bagi konsumen rata-rata.
Tampilan Utama
PALMER LUCKEY DAN OCULUS RIFT MENGUBAH GAME
Maju cepat selama 40 tahun dan Palmer Luckey (penemu Oculus Rift) menciptakan prototipe VR pertamanya pada usia 18 di ruang bawah tanah orang tuanya. Luckey akhirnya mengembangkan produk yang kemudian dikenal sebagai Oculus Rift. Oculus telah mengantarkan era perkembangan VR saat ini dan menghembuskan kehidupan baru ke dalam teknologi yang menjanjikan ini.
Pengumuman Oculus diikuti dengan cermat oleh orang dalam teknologi, pengembang, dan pengguna awal, yang semuanya telah berusaha keras untuk mengalami perbatasan baru dalam pengembangan VR ini. Itu tidak lama sebelum beban berat seperti Facebook, Google, dan Samsung memperhatikan dan mulai berinvestasi besar-besaran di VR dengan harapan memproduksi perangkat siap konsumen pertama.
Facebook sangat meyakini Oculus Rift sehingga mereka mengakuisisi perusahaan itu seharga $ 2 Miliar pada Maret 2014. Pendiri Facebook Mark Zuckerberg menyatakan bahwa ia melihat akuisisi tersebut sebagai “taruhan jangka panjang pada masa depan komputasi.”
PILIHAN HARI INI UNTUK KONSUMEN
Rangkaian produk VR saat ini menjalankan keseluruhan dari segi harga dan aksesibilitas. Anda dapat membuat kaki Anda basah dengan produk Google (tepatnya bernama Karton). Karton sangat murah, sekitar $ 20,00. Menggunakan komponen yang mudah didapat seperti kardus, lensa bikonveks, beberapa magnet, Velcro, dan karet gelang.
Alih-alih tampilan bawaan seperti Oculus Rift, produk ini diberdayakan oleh ponsel Android yang menjalankan 4.1 atau lebih tinggi (cukup geser ponsel Anda ke “headset”). Anda merakit semuanya sendiri, mengikuti instruksi Google langkah demi langkah dengan gambar.
Ponsel mendukung seluruh pengalaman dengan aplikasi yang ditemukan di toko aplikasi Karton Google). Tidak ada kabel eksternal atau perangkat keras yang kaku untuk menangani … hanya kardus dan ponsel Android Anda. Di Primacy baru-baru ini kami membuat satu untuk diuji di rumah – seluruh bangunan membutuhkan waktu sekitar 5 menit dari awal hingga selesai.
Google Cardboard
Facebook’s Oculus Rift
Mengingat laju inovasi saat ini, merupakan taruhan aman bahwa perangkat keras dan lunak untuk teknologi Oculus Facebook hanya akan menjadi lebih baik di bulan-bulan mendatang. Model konsumen, meskipun saat ini tidak tersedia, diharapkan akan dirilis pertengahan 2015. Model pengembang (DK2) biaya $ 350 dan dilengkapi dengan layar latensi rendah (yang sama digunakan di Samsung Galaxy Note 3).
Layar memberikan resolusi 960 × 1080 per mata yang terhormat dengan kecepatan refresh 75Hz. Unit ini juga mencakup giroskop, akselerometer, magnometer, dan kamera inframerah dekat untuk pelacakan kepala dan posisi. Aplikasi dijalankan pada komputer yang terhubung langsung ke headset melalui kabel HDMI dan USB.
Oculus Rift
Samsung Gear VR Innovator Edition
Samsung melihat peluang untuk terjun ke dalam campuran VR dan bermitra dengan Oculus. Mereka telah menghasilkan headset yang terlihat seperti perangkat yang paling siap untuk konsumen hingga saat ini. Samsung Gear VR Innovator Edition adalah persis apa yang Anda harapkan dari raksasa teknologi mapan baik dari segi kualitas dan kegunaan.
Ini juga pilihan yang paling mahal, dengan msrp $ 200 untuk headset + $ 750 (off-kontrak) untuk ponsel yang dibutuhkan untuk menyalakannya. Tidak seperti Google Karton, Gear VR hanya berfungsi dengan Samsung Galaxy Note 4, jadi jika Anda cukup beruntung memilikinya, Anda dapat menghemat uang dalam jumlah yang signifikan.
Headset itu sendiri dirancang dengan sangat baik dan cukup intuitif. Ada tombol pengalih volume, bidang sentuh, dan “kembali” di sisi kanan headset yang dapat digunakan untuk navigasi dengan mudah melalui pengalaman dan aplikasi VR. Bagian atas headset memiliki roda fokus yang digunakan untuk mengatur fokus ke rentang optimal untuk mata Anda.
Dua tali memegang unit dengan kuat di kepala Anda yang menutup visi Anda dari dunia luar untuk meningkatkan rasa perendaman. Plus, tidak adanya kabel yang menambatkan Anda ke komputer membantu menjadikan pengalaman itu lebih menyenangkan dan portabel.
Tidak perlu melepas unit dari kepala Anda untuk mengunduh atau mengganti aplikasi … semuanya dapat dilakukan melalui menu Oculus Home atau perpustakaan aplikasi Samsung setelah pengaturan dan konfigurasi awal.
Ada beberapa aplikasi menarik dan berguna yang disertakan di luar kotak seperti Oculus Cinema – untuk menonton film dan video di bioskop virtual, Foto Oculus 360 – untuk melihat foto panorama, dan Video Oculus 360 – untuk melihat video panorama. Samsung juga baru-baru ini merilis pasar yang disebut Milk VR yang pada dasarnya adalah YouTube untuk VR.
Samsung Gear VR
THE DOWNSIDE – KASUS THE JUDDERS
Kami telah menemukan bahwa banyak aplikasi yang tersedia sekarang adalah grafis yang berat dan pengalaman dapat menurun dengan cepat tanpa kartu grafis yang cukup baik. Perlu dicatat bahwa pengalaman yang melibatkan grafik 3D dan gerakan cepat dapat dengan cepat menjadi memuakkan bagi beberapa orang karena pembatasan frame-rate atau GPU dan fenomena yang dikenal sebagai “judder” (ketika gambar menjadi dioleskan, disemburkan atau sebaliknya terdistorsi).
sehingga benar-benar tanggung jawab pengembang untuk menciptakan pengalaman “nyaman” yang bertujuan untuk meminimalkan penilaian. Terlepas dari kekurangannya – ketika digunakan bersama-sama dengan komputer yang memiliki GPU kelas atas, hasilnya adalah perasaan pencelupan yang 10 tahun yang lalu tampak mustahil. Situs pengembang Oculus saat ini mencantumkan PC dan Mobile SDK yang mencakup integrasi untuk mesin game Unity dan Unreal.
VR – MASA DEPAN DI SINI (BENAR-BENAR DEKAT)
Kami baru saja mulai memecahkan permukaan dengan VR. Munculnya video dan foto panoramik membuatnya mudah untuk “memindahkan” pemirsa ke tempat-tempat yang secara fisik mereka tidak pernah bisa.
Bayangkan kursi barisan depan untuk menyaksikan band favorit Anda bermain live … dengan kebebasan untuk melihat ke segala arah secara real time. Bayangkan berjalan (secara harfiah … berjalan) melalui taman nasional favorit Anda seolah-olah Anda benar-benar ada di sana.
Bayangkan duduk di ruang konferensi setengah jalan di seluruh dunia dan berinteraksi dengan orang lain seolah-olah Anda benar-benar ada di sana. Ini hanya beberapa aplikasi luar biasa yang dimungkinkan oleh perangkat VR seperti Oculus Rift. Jadi tunggu saja – jika kemajuan saat ini merupakan indikasi, kenyataan virtual ada di sini untuk tetap, dan itu akan menyerang ruang tamu atau kantor Anda lebih cepat dari yang Anda kira.