SELF LOVE, SUDAHKAH KAMU MENCINTAI DIRI SENDIRI?

Berbicara mengenai self love jelas akan banyak hal yang dapat dilakukan agar kita lebih mencintai diri sendiri. Sebelumnya mari kita definisikan terlebih dahulu apa itu self love atau love your self, bukan seperti lagu Justin Bieber, yang diartikan sikap egois salah satu dari sepasang yang mencintai diri sendiri dan tidak peduli dengan pasangan, bukan seperti itu ya maksudnya. Self love disini secara ringkas adalah suatu sikap dalam mencintai diri kita, tubuh kita dan segala tentang diri kita. 

Sikap love your self ini sebenarnya keistimewaan yang sulit dicapai, namun sangat penting untuk dilakukan. Perlu untuk diketahui, Self love Berbeda dengan sikap narsis, Orang-orang narsis cenderung mencintai dirinya sendiri secara berlebihan yang mengakibatkan mereka merujuk kepada sikap egois dan menganggap dirinya paling benar. Sementara self love adalah dia yang mampu berteman dengan dirinya sendiri yang menjadikannya individu yang lebih baik untuk dirinya dan orang lain. 

Hal yang perlu kita lakukan dalam upaya self love adalah memahami diri sendiri. Terkadang perlu bagi kita untuk berdialog dengan diri sendiri sekaligus belajar menerima untuk memahami arti dari self love, banyak hal yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan bisa sampai mencintai diri sendiri. Seperti, kamu harus lebih banyak mengontrol diri, meregulasi diri, berkeinginan untuk selalu berkembang dan mau fight dalam setiap permasalah dalam diri, yang pada akhirnya semua yang dilakukan itu akan merujuk pada self love itu sendiri. 

Mungkin banyak dari kita yang sering merasa insecure atau tidak percaya diri, menolak kekurangan bahkan enggan memperbaiki diri. Saya pikir self love bukanlah sikap egois, namun itu salah satu bentuk penerimaan diri. Mungkin kamu sering merasa tidak pantas dan disepelekan dengan keadaan tubuh mu, merasa insecure dengan hubungan percintaan dan itu berpengaruh pada kehidupan mu secara keseluruhan. 

Sejatinya, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Setiap orang pasti memiliki kekurangan, sikap mampu menghargai kekurangan yang kita miliki, akan membuat kita  mampu menghargai kekurangan yang dimiliki orang lain. Yang tak kalah penting, mencintai diri sendiri juga dapat meningkatkan kualitas diri, hargai dirimu, lakukan hal yang membuat mu lebih baik tiap harinya. kamu itu unik, berharga, dan pantas untuk dicintai. 

Baca juga : MEMILIH CHILDFREE, SIAPKAH PASANGAN DENGAN STIGMA SOSIAL?

Sayang sekali jika kamu sering lupa untuk mencintai diri sendiri, tidak perlu terlalu worry orang-orang bakal menilai mu egois karena itu akan menjadi tekanan sosial yang membuat mu kerap kali tidak memedulikan suara hati, kamu cenderung lebih mendengarkan pendapat orang lain dan mengabaikan pendapat sendiri. Siapa lagi yang bisa sepenuhnya love your self selain dirimu sendiri? 

Ketika masalah muncul lakukanlah penerimaan dengan sadar akan kondisi tersebut, karena dengan memaksa menghadapi tanpa menerima hanya akan membuat mu lelah. Terima masalah tersebut dengan tangan terbuka, bukan karena kamu menyerah, tapi karena memang seperti itulah jalan kehidupan yang pada akhirnya akan mendewasakan mu dan mungkin suatu saat kamu akan akan berterimakasih terhadapnya. 

Jadi, inti dari self love adalah selalu bersyukur. Bersyukur atas badan sehat, bisa pergi ke tempat favorit mu, berada di tengah-tengah orang yang kita sayangi adalah beberapa contoh dari sekian banyak hal yang dapat kita syukuri. Sekarang, cukup tarik nafas yang dalam, lalu pasang senyum termanis mu, karena Tuhan tidak pernah menciptakan susah tanpa di dampingi dengan mudah selama kita mampu untuk terus bersyukur. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *