source image: www.pxfuel.com

Mencari Kerja Saat Menganggur “Cara Bisa Bekerja Lebih Cepat”

riskiputra.my.id Apakah kamu mencari pekerjaan? Kamu tidak sendiri! BPS mencatat total pengangguran per Februari 2020 adalah 6,88 juta orang yang sedang menganggur saat ini, sekarang sudah bulan oktober pasti nambah lagi karna effek pandemi corona.

Jangan khawatir jika kamu adalah bagian dari statistik yang mengejutkan ini. Yang kamu perlukan untuk menemukan pertunjukan berikutnya adalah tips tentang cara melakukan pencarian pekerjaan secara efisien. Teruskan membaca untuk menemukan empat tips untuk mempermudah pencarian pekerjaan.

1. Sempurnakan CV (Curriculum Vitae)

CV menciptakan kesan pertama yang akan dimiliki atasan mana pun jika sudah melihat CV yang berada di meja mereka. Jika kamu membuatnya dengan tergesa-gesa atau belum memperbaruinya selama bertahun-tahun, tindakan yang kamu lakukan akan merugikan diri sendiri.

Gunakan font profesional yang jelas dan mudah dibaca. Pilih ukuran font antara 10 dan 12.

Lihatlah contoh CV dari industri yang akan kamu lamar. Lihat apa yang orang lain letakkan di CV mereka untuk mengumpulkan inspirasi dalam membuat CV yang menarik calon atasanmu.

Sempurnakan CV kamu untuk setiap pekerjaan yang akan di lamar. Sertakan semua pencapaian yang relevan dengan lowongan pekerjaan tersebut. Kamu ingin perekrut tahu dalam beberapa detik setelah melihat CV mu diatas meja mereka, dan mereka berkata kamu layak dipanggil kembali.

2. Jaringan

Jaringan adalah kunci untuk mengamankan pekerjaan di dunia yang berpusat pada teknologi saat ini. Seperti kata pepatah, “It’s not what you know; it’s who you know.” Sekitar 70% dari daftar pekerjaan tidak dipublikasikan, jadi jika kamu hanya mencari pekerjaan secara online, maka kamu akan ketinggalan.

Media sosial adalah alat yang hebat untuk membangun jaringan. Gunakan LinkedIn, jobstreet, dan platform lainnya untuk menemukan kontak utama yang terbukti sangat diperlukan dalam pencarian pekerjaan yang akan kamu lamar. Mulailah percakapan dengan mereka dan berikan nilai sebagai imbalan.

3. Gunakan Bakat Yang Kamu Miliki

Mungkin sulit untuk menetapkan pekerjaan penuh waktu dalam perekonomian saat ini. Namun, itu tidak berarti kamu tidak harus mencari pekerjaan untuk mengisi kekosongan. Jika kamu memiliki bakat atau keahlian lain untuk diberikan kepada pemberi kerja, tunjukkanlah kepada mereka apa yang dapat kamu lakukan.

Melamar pekerjaan paruh waktu atau sementara sangat mungkin. Mereka tidak hanya akan membantu membayar cicilan kredit motormu, hihihi.. syukur-syukur gak ada cicilan, tapi mereka akan memberikan lebih banyak pengalaman kerja untuk CV yang akan kamu tampilkan nantinya.

Pertimbangkan pekerjaan freelance. Ada ribuan pekerjaan lepas yang dapat kamu lakukan dari kenyamanan rumah, jika kamu memiliki pengalaman atau bakat. Menjadi penulis misalnya di beberapa situs freelance, konsultan branding, atau manajer media sosial, atau jika kamu bisa desain grafis, nah bisa dicoba juga tuh.

Banyak lagi sebenarnya atau jago keahlian lainnya misalnya bisa membuat sesuatu benda yang punya nilai jual saat ini. Semuanya itu untuk membantu kamu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menjadi sukarelawan adalah cara lain untuk menampilkan diri kamu. Meskipun tidak dapat membayar tagihan, itu dapat membuat kamu keluar rumah dan pastinya membantu membangun jaringan.

Baca Juga: Memukau, Lahir Dari Pemikiran, Menyebar Karna Kebutuhan “ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner”

4. Jangan Hanya Mengandalkan Internet

Seperti yang telah kamu ketahui, banyak postingan pekerjaan tidak diposting secara online sebelum diisi para pelamar. Di lain waktu, beberapa pekerjaan mungkin sudah berada dalam tahap wawancara terakhir pada saat kamu mengirimkan lamaran.

Jika kamu berharap mendapatkan posisi di perusahaan tertentu, hubungi mereka secara langsung. Melakukan hal itu dapat membuat kamu berhubungan langsung dengan tim ataupun manajer perekrut.

Melamar pekerjaan secara online sangat mudah sehingga banyak orang melamar beberapa kali sehari dan tidak pernah mendapatkan panggilan balik. Banyak pelamar pencari kerja tidak meluangkan waktu untuk menghubungi perusahaan atau manajer perekrutan mereka, karena mereka merasa melamar secara online sudah cukup.

Jangan seperti pelamar lainnya, tapi coba tempatkan dirimu di luar pemikiran itu, kenapa tidak mencoba menghubungi pihak perekrut sangat mungkin dilakukan, mungkin saja untuk menambah informasi kamu bertanya apa kekurangan dari lamaran yang kamu kirimkan padahal sudah sesuai standar yang mereka inginkan, patut dicoba sob..

Mencari Kerja Tidak Harus Sulit “Sabar, Ikhtiar dan Do’a”

Pencarian pekerjaan akan lebih mudah dengan tips dari kami yang kamu inginkan. Ingatlah untuk memiliki kesabaran, dan jangan takut untuk menghubungi calon pemberi kerja, yang pastinya do’a dan ikhtiar musti kudu wajib ya sob, semoga tips ini bisa membantu memberikan pandangan sobat pembaca sekalian.

Teruslah membaca blog Karir kami atau pun tulisan-tulisan dari blog lain, untuk menemukan lebih banyak saran untuk memajukan karir. Semangattt….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *