DEMOKRAT BERKOALISI DENGAN RAKYAT “MUDA ADALAH KEKUATAN”

Bapak proklamator kita pernah berkata “berikan aku 10 pemuda maka akan aku guncang dunia”, beliau juga berkata “seribu orang tua hanya bisa bermimpi, tapi seorang pemuda mampu mengubah dunia! . Ini merupakan ungkapan sekaligus pesan penuh makna begitu mendalam, yang secara tersirat menyatakan bahwa generasi muda yang penuh semangat merupakan aset besar bangsa yang dapat tumbuh dan berkembang serta membawa perubahan pada bangsa dan negara.

Kaum muda memainkan peran penting di dalam pemerintahan sebuah negara, tetapi sebagai pemangku jabatan, para pemuda jarang dipertimbangkan dan terkadang dibandingkan dengan tokoh-tokoh yang lebih senior dan berpengalaman. Namun saat ini tampaknya telah berubah dalam satu dekade terakhir. Dalam beberapa tahun belakangan, semakin banyak politisi muda yang dipercaya memegang jabatan tinggi di pemerintahan, bahkan beberapa diantaranya menjadi pimpinan negara dan pengambil keputusan dengan pencapaian yang tidak kalah dari para politisi berusia lebih senior.

Generasi muda dapat diibaratkan seperti sebilah pisau yang tajam tanpa karat di tepinya. Tajam! Pisau ini berguna dan bermanfaat bagi diri sendiri dan banyak orang, jika digunakan dengan baik dan benar, namun akan sangat membahayakan jika digunakan dengan tidak baik. Itulah gambaran generasi muda, muda adalah kekuatan, mereka merupakan sosok tangguh yang membutuhkan bimbingan untuk menjadi sosok yang berguna bagi diri mereka sendiri dan juga orang lain.

Generasi muda dituntut untuk mampu mempersiapkan diri menjadi calon pemimpin yang menumbuhkan rasa patriotisme, menciptakan perubahan yang dinamis, berbudaya prestasi, dan semangat profesionalisme, serta mampu meningkatkan partisipasi dan peran aktif pemuda sebagai kekuatan moral, agen perubahan dan kontrol sosial, serta mampu membangun dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Penting untuk diingat bahwa Indonesia tidak mungkin selamanya bergantung kepada generasi tua yang saat ini sedang memegang tampuk kepemimpin di negeri ini. Akan tiba masanya mereka memberikan tongkat estafet kepemimpinan bangsa dan negara pada generasi muda.

Generasi muda harus mampu mengoptimalisasikan semua peran, pemikiran, potensi serta menyiapkan dirinya demi kemajuan Indonesia di masa depan. Generasi muda hari ini diharapkan menjadi  pemimpin dan pemilik masa depan yang memegang estafet kepemimpinan generasi pemimpin saat ini. Masing-masing dari mereka harus melalui proses yang tidak mudah. Seringkali mereka harus membuat keputusan yang sulit, menghadapi pertikaian, serta membuat kebijakan yang kontroversial. Meskipun begitu, mereka memiliki karakter yang memberikan dampak besar kepada lingkungan sekitarnya, bahkan di dunia.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, muda adalah kekuatan, maka sebenarnya generasi muda juga menjadi komponen penting dan perlu dilibatkan dalam pembangunan bangsa indonesia, baik secara nasional maupun daerah. Mengapa? ini berkaitan dengan dasar dari generasi muda yang sebenarnya memiliki fisik yang kuat, pengetahuan yang baru, inovatif, dan juga memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi pula. Karena kondisi tersebutlah yang membuat peranan pemuda penting dalam proses pembangunan bangsa indonesia maupun sebagai penerus bangsa.

Generasi muda dituntut aktif dalam kegiatan-kegiatan masyarakat, sosialisasi dengan warga sekitar. Kehadiran pemuda yang aktif sangat dinantikan untuk menyokong perubahan dan pembaharuan bagi masyarakat dan negara. Aksi reformasi disemua bidang adalah agenda pemuda kearah masyarakat madani. Kecil kemungkinan jika Reformasi dilakukan oleh orang tua dan anak-anak. Dengan penuh harapan semoga pemuda-pemudi dan generasi penerus harapan bangsa dapat menjelma menjadi sukarno-sukarno masa depan dengan samangat juang yang tinggi. Sebagai motor perjuangan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *