10 Cara Menginspirasi Diri Sendiri Saat Ingin Berhenti dari Tujuanmu

riskiputra.my.id Salah satu fakta paling kejam yang pernah kamu temui dalam hidup adalah fakta bahwa 98% orang tidak mencapai impian mereka. Tidak ada yang hebat tentang ini. Hal terpenting yang perlu kamu sadari adalah bahwa berhenti bukanlah jawabannya, tetapi menemukan cara untuk menginspirasi diri sendiri adalah jawabannya.

Begitu banyak orang telah gagal berkali-kali sebelum menjadi orang paling sukses di dunia. Sukses tidak akan terjadi pada mereka jika mereka berhenti di sepanjang jalan, dan mereka akan menjadi bagian dari orang yang merugi. Kami benar-benar mengerti mengapa kamu ingin berhenti karena terkadang keadaan menjadi sangat sulit, dan kami merasa sepertinya hanya ingin menyerah.

Kami telah mengumpulkan beberapa cara terbaik untuk menginspirasi diri sendiri saat kamu ingin berhenti. Kiat-kiat berikut akan membantu kamu mencetuskan dan menyalakan motivasi, inspirasi, dan dorongan diri kembali, sehingga kamu dapat mencapai impian yang selama ini kamu rindukan. Berikut beberapa tips motivasi terbaik.

1. Rangkullah Perjuanganmu

Kami memahami betapa klise bahasa ini mungkin terdengar tidak menarik tetapi coba  dengarkan kami. Sebagian besar hal dalam hidup yang berharga jarang datang dengan mudah. Kebanyakan orang harus melalui perjuangan, rasa sakit, pengorbanan, dan malam tanpa tidur untuk mencapai hal-hal besar dalam hidup, tetapi pada akhirnya, itu biasanya menjadi sangat berharga.

Berhentilah memandang hal ini sebagai hal negatif yang kamu anggap sebagai hal yang negatif, dan pisahkan diri kamu dari yang lain dengan cara bertahan. Kegagalan adalah bagian dari hidup, dan begitu juga perasaan untuk berhenti, tetapi jika kamu menginginkan sesuatu  yang kamu inginkan untuk mencapai tujuan tersebut, kamu akan mengambil jatah istirahat diawal, menyalakan petasan untuk kembali dan terus semangat  bekerja.

2. Tetap Ingatkan Diri Sendiri

Jika kamu sedang bergumul dengan motivasi yang kamu miliki saat ini, tidak ada cara yang lebih baik untuk memulainya lagi selain mengingatkan diri sendiri mengapa kamu melakukannya. Keinginan untuk berhenti mungkin sangat besar saat ini, dan kamu mungkin bertanya-tanya apakah semuanya sepadan.

Mungkin perjalanan kamu memakan waktu lebih lama dari yang telah kamu perkirakan, dan hal-hal tampaknya tidak berjalan sesuai rencana, sehingga kamu kehilangan kepercayaan pada diri sendiri dan kehilangan pandangan tentang apa yang kamu cari.

Sebisa mungkin, pikirkan alasan kamu. Mengapa kamu menginginkan ini, dan apa yang membuat kamu memulainya? Apakah kamuperlu mengevaluasi kembali tujuan dan mengubah segalanya agar dapat menemukan motivasi lagi?

3. Pertimbangkan Orang yang Tidak Bisa Dikecewakan

Terlepas dari apa yang kamu coba capai, kamu memiliki orang-orang yang mendukung, percaya pada kamu saat ini, dan bergantung pada kamu. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan inspirasi adalah dengan memikirkan orang yang tidak ingin kamu kecewakan, misalnya sahabat, saudara ataupun suami dan istri.

Berapa banyak orang yang mengagumi kamu dan ingin mencintai kehidupan terbaik? Pikirkan tentang mereka dan bagaimana pengaruhnya terhadap mereka jika kamu berhenti dan menyerah sebelum mencapai tujuan itu.

4. Kenali Seberapa Jauh Kamu Telah Hadir

Saat kamu merasa mandek dan perlu menginspirasi diri sendiri, lihat kembali semua kemajuan yang telah kamu buat sejauh ini. Dalam perjalanan ke sini, kamu telah belajar, tumbuh, dan mengubah beberapa hal atau menemukan kekuatan yang tidak kamu ketahui sebelumnya. Akui hal-hal ini, kenali pertumbuhan yang telah kamu capai sejauh ini dan jadikan itu motivasi yang sangat kamu butuhkan.

Misalnya, jika kamu setengah jalan dalam sebuah start-up yang tampaknya tidak berkembang, pikirkan semua yang harus kamu lakukan untuk bisa sampai di sini. Akankah semua usaha, perjuangan, dan waktu itu sia-sia? Jika kamu sudah setengah jalan, bagian tersulit telah berakhir, dan kamu hanya perlu memastikan sedikit lebih lama sebelum akhirnya mencapai tujuan yang di inginkan.

Baca juga: 7 Tips Dropshipping Yang Akan Meningkatkan Penjualan

5. Lupakan Menjadi Orang Yang Sempurna

Sungguh mengagumkan bahwa kamu berjuang untuk kesempurnaan, tetapi kamu perlu memahami bahwa ini tidak mungkin tercapai. Jika kamu selalu mengejar kesempurnaan, kekecewaan mungkin mengikuti kamu lebih sering daripada yang kamu inginkan. Jangan meletakkan rencana di batu dan merasa bahwa itu harus berjalan sesuai rencana.

Saat kamu mencapai puncaknya, ubah arah dan temukan cara alternatif untuk membuat segala sesuatunya berhasil. Kadang-kadang hal-hal terjadi sama sekali tidak terduga dan akhirnya berjalan lebih baik dari rencana awal yang kamu miliki. Jika perlu, mundur beberapa langkah, ubah perspektif tersebut, dan lihat bagaimana kamu dapat mencapai tujuan itu secara berbeda.

6. Apa Yang Terjadi Setelah Kamu Berhenti

Salah satu alasan terpenting mengapa kamu perlu menemukan cara untuk menginspirasi diri sendiri, itu adalah pemikiran tentang apa yang akan terjadi setelah kamu berhenti. Sangat mudah untuk membuat diri sendiri tidak melakukan sesuatu pada sebagian besar waktu, tetapi apakah kamu sudah memikirkan tentang konsekuensi berhenti? Bagaimana hal itu akan mempengaruhi kehidupan profesional dan pribadi kamu sendiri?

Apa yang akan dilakukannya terhadap harga diri kamu dan perasaan gagal? Apa yang akan terjadi jika kamu berhenti berolahraga, atau meninggalkan bisnis kecil itu, atau pendidikan perguruan tinggi itu? Dari mana kamu akan memulainya dari sana?

7. Temukan Seseorang untuk Meminta Pertanggungjawaban

Akuntabilitas adalah satu hal yang dapat membuat kamu tetap termotivasi, terutama jika itu adalah seseorang yang tidak ingin kamu kecewakan. Bertanggung jawab atas semua tindakan akan membuat kamu tetap selaras dengan tujuan itu, dan itu salah satu cara terbaik untuk mendapatkan inspirasi.

Mengobrol dengan seseorang atau mengetahui bahwa seseorang mengharapkan hasil dari yang kamu lakukan adalah cara yang bagus untuk terus mendorong diri sendiri.

8. Gunakan Imbalan Eksternal

Jika kamu ingin mengetahui cara memotivasi diri sendiri, cobalah memberi diri penghargaan eksternal untuk langkah-langkah kecil yang kamu ambil. Setiap kali kamu menemukan bahwa motivasi berkurang, ambillah langkah-langkah kecil menuju hadiah yang benar-benar kamu inginkan, yang akan membuat kamu berharap untuk menyelesaikannya. Beri diri sendiri suguhan khusus atau tonton beberapa episode serial favorit kamu setelah selesai.

Jika Anda memiliki proyek besar, maka kamu dapat membiasakan diri untuk membeli sesuatu yang menyenangkan untuk diri sendiri setiap kali kamu menyelesaikan suatu tugas. Inspirasikan diri dengan mendapatkan hal-hal yang kamu sukai atau mengakses internet dan membaca buku motivasi, kutipan gambar , dan kisah sukses yang hebat.

Melihat bahwa segala sesuatunya tidak mudah bagi orang lain akan memberi kamu dorongan untuk melanjutkan sampai akhirnya berhasil juga.

9. Istirahat Sejenak dan Temukan Cara untuk Bersantai

Hidup bisa terasa seperti perlombaan tikus tanpa akhir, dan terkadang yang perlu kamu lakukan hanyalah istirahat dan memfokuskan kembali seluruh perspektif itu. Motivasi yang kamu butuhkan mungkin datang dari melihat proyek yang kamu lakukan dengan pandangan yang segar dan perspektif yang berbeda.

Beristirahatlah, temukan beberapa cara untuk bersantai, mulai dari pijat, berkendara jauh dengan touring bersama teman-teman, aktivitas atau hobi yang kamu sukai, atau meditasi juga boleh tuh.

10. Bangga pada diri sendiri

Bahkan jika kamu mengambil langkah kecil dan tugas di depan tampak seperti gunung yang tidak akan pernah kamu taklukkan, lihat ke belakang dan banggalah dengan seberapa jauh kamu telah berhasil. Ini akan menginspirasi dirimu untuk mengambil lebih banyak langkah, tidak peduli seberapa kecilnya.

Tepuk punggungmu untuk kemenangan kecil dan pahami bahwa kamu hanya dapat mencapai tujuan itu jika kamu terus maju, bukan jika kamu berhenti.

Bagaimana Menginspirasi Diri Saat Ingin Berhenti

Kebanyakan orang bergumul dengan motivasi sesekali ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana. Namun, ini adalah beberapa cara terbaik untuk menginspirasi diri sendiri agar terus maju saat kamu merasa berhenti adalah satu-satunya pilihan. Berhenti seharusnya tidak menjadi pilihan apa pun sampai kamu telah melakukan yang terbaik semampumu.

Sekarang setelah motivasi kamu kembali, apakah kamu sedang bersekolah. Bisnis, tujuan kebugaran, hubungan diplomasi, atau kontraktor pekerja, kami memiliki postingan yang akan memandu dirimu melalui proyek. Silakan lihat bagian tulisan blog kami, di mana kami telah memberikan artikel informatif yang akan membantu kamu melalui perjalanan hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *